Kamis, 11 Oktober 2007

Selamat Datang

"BARU HALIMUN" (inan ginanjar/Kusukabumiku)

Kawasan Wisata Alam "Baru Halimun - Cipelang" yang kini lebih dikenal dengan "Pondok Halimun" (PH) di Desa Perbawati (pemekaran dari Desa Karawang) dan Sudajaya Girang
Kecamatan/Kabupaten Sukabumi Prov. Jawa Barat merupakan pintu gerbang menuju rimba belantara Gede Pangrango wilayah Selatan.
Di kawasan tersebut terdapat Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGP) di bawah Direktorat Jenderal Perlindungan Hutan dan Konservasi Alam (Ditjen PHKA) - Departemen Kehutanan, juga kawasan lainnya yang dikelola PTPN VIII Goalpara - Afdeling Perbawati dan Dinas Pariwisata Daerah (Diparda) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sukabumi. Juga masih terdapat kawasan yang masih dimanfaatkan Perum Perhutani padahal status kawasannya sudah diserahkan sebagai kawasan konservasi.
Di kawasan wisata alam PH ini, selain obyek pemandangan alam dan berbagai keunikan dari Gede Pangrango, juga terdapat bumi perkemahan (buper). Setiap libur dan Minggu, kawasan tersebut ramai dipadati pengunjung dari berbagai daerah, bukan saja hanya dari masyarakat lokal Sukabumi. Selain menikmati pemandangan, ke air terjun Cibeureum, tea walk juga berkemah. Bahkan kalau musim liburan dan mulai masuk tahun ajaran baru, kawasan tersebut, terutama buper selalu dipenuhi para pekemah, baik dari tingkat pelajar hingga mahasiswa.
Di sekitar kawasan tersebut, berbagai jenis satwa langka dan terancam punah banyak terdapat di sekitarnya. Mulai dari jenis primata seperti Lutung dan Surili. Sebelumnya beberapa tahun lalu, Owa jawa juga sering muncul di sekitar kawasan tersebut.Namun, kini sulit dilihat. Selain itu terdapat berbagai jenis burung, termasuk yang paling langka dan terancam punah, yakni Elang jawa.
Yang menjadi keprihatinan, pengelolaan antar kawasan masih belum harmonis, sehingga mengancam keselamatan alam di sekitarnya.


1 komentar:

Dicky mengatakan...

izin copas ya gan,,,,,,